Strategi Membangun Bisnis Paling Jitu dan Efektif Beserta Contoh

Strategi membangun bisnis
Strategi bisnis adalah suatu konsep yang dibuat untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang. Strategi merupakan kunci dari keberhasilan sebuah bisnis. Strategi bisnis harus dimiliki oleh seorang pebisnis secara efektif yang akhirnya memberikan keuntungan berupa finansial.

Strategi Membangun Bisnis

Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan diperlukan keunggulan kompetitif dari perusahaan yang bersaing. Keunggulan kompetitif dapat dicapai apabila perusahaan membuat perencanaan bisnis yang benar.

Perencanaan sangat penting untuk menentukan arah dan tujuan dimasa depan. Selain itu, perencanaaan juga untuk menghindari resiko yang bisa saja terjadi. Lalu apa saja strategi bisnis yang diperlukan untuk membangun sebuah bisnis, simak penjelasanya dibawah.

Membangun Strategi Bisnis Dari Menata Mental 

Terjun ke dunia bisnis harus siap dengan segala resiko yang akan dialami. Kamu juga harus memahami hal-hal dibawah ini sebagai bekal kamu nantinya.

1. Berpikir Krits & Terbuka

Memiliki pemikiran yang kritis akan dengan mudah menyerap segala informasi dari luar. Fokuskan pada bidang yang kamu kuasai sehingga menghasilkan produktivitas.

Karakter setiap orang itu berbeda, jadilah seseorang yang berpikir terbuka luas agar mendapatkan ide atau karya.

2. Resiko Harus Siap Dihadapi

Setiap orang menginginkan bisnis yang dijalani bisa sukses. Namun sebelum menuju kesuksesan kamu akan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang akan menentukan gagal atau berhasilnya bisnis kamu.

Hanya keberanian dan keyakinan serta ilmu bisnis yang kuat akan bisa menghalau ancaman tersebut hingga menuju kesuksesan.

3. Fokus Ke Pilihan

Fokus dan konsentrasi pada titik aman adalah strategi bisnis yang berpengaruh besar ke keberhasilan.

Jangan membuat hal yang baru ketika hal pertama kamu belum bisa berkembang.

4. Jadi Diri Sendiri

Seseorang harus mulai berpikir bahwa kreatifitas yang original lebih baik daripada meniru karya orang lain. Berbagai macam bisnis di indonesia yang makin hari makin bermunculan, maka beranikan untuk tampil unik dan original agar cepat terkenal.

5. Bekerja Keras

Tingkat kesuksesan setiap orang berbeda dan tidak akan pernah merasa dititik sukses hingga sampai berhenti dititik itu.

Ketika sukses ditujuan pertana tercapai mereka akan mencapai tujuan lagi kedepanya. Sehingga tidak berhenti disitu saja walaupun sudah sukses.

Tanamkan jiwa semangat kerja untuk mencapai kesuksesan bisnis yang kamu jalani.

6. Tingkatkan Daya Kreatifitas

Dalam berbisnis diperlukan kreatifitas agar mendapat ide dan peluang bisnis yang baru. Kemampuan berpikir cerdas dan kreatif menjadi elemen strategi bisnis yang harus dimiliki setiap orang.

Kreatifitas sangat lekat dengan ide-ide baru yang akan selalu ada sampai kapanpun yang bisa diterima semua orang.

Strategi Perencanaan Bisnis

Menyinggung perkataan saya diatas, bahwa setiap orang harus memiliki konsep perencaan bisnis untuk menjadi dasar dan tujuan kedepannya. Lalu apa saja hal dalam perencanaan strategi bisnis.

1. Produk Sebagai Materi Bisnis

Produk yang bagus adalah produk yang memiliki manfaat bagi penggunanya, selain itu, sebuah produk harus mampu memenuhi pelanggan dan memuaskan.

2. Tempat Usaha

Tempat usaha merupakan sebuah wadah dimana bisnis yang dijalani akan ditempatkan dan dijalankan.

Strategi bisnis ini bertujuan agar produk yang kamu jual laris serta memperluas pemasok dan membangun citra yang baik.

3. Promosi

Kegiatan promosi diperlukan untuk memperkenalkan produk yang kamu miliki ke semua orang dan juga untuk meningkatkan kesadaran pengguna terhadap produk tertentu. Kegiatan promosi merupakan elemen penting dalan strategi bisnis.

Media promosi usaha memiliki berbagai media baik cetak, visual, ataupun suara. Sebagai contoh banner, media sosial, dan lain sebagainya.

4. Harga

Harga sebuah produk harus menyesuaikan dengan kualitas produk. Pelanggan juga akan mencari toko lain yang harganya lebih murah apabila kualitas barangnya sama.

Contoh Strategi Bisnis

Dalam menentukan strategi bisnis sangat penting untuk menentukan aspek berikut ini

1. Strategi Pertumbuhan

Strategi pertumbuhan memerlukan produk baru yang sudah ada. Terkadang, pengusaha kecil terpaksa mengubah dan meningkatkan lini produknya untuk bisa bersaing.

Contoh: pengusaha handphone terus menambahkan fitur-fitur baru dan menemukan teknologi baru. Pengusaha handphone yang tidak mengikuti permintaan pelanggan maka bisa dipastikan bisnis tidak akan bertahan lama.

2. Strategi Differential Produk

Perusahaan kecil yang sering menggunakan strategi ini merekan mempunyai keunggulan kompetitif, seperti layanan dan kualitas.

Contoh: pembersih dapat memisahkan diri dari pesaing dengan memberikan inovasi terbarunya atau produsen kecil

Strategi differential untuk membedakan dirinya dengan pesaingnya. Selain itu, strategi ini dapat membangun loyalitas produk.

3. Strategi Price-Skimming

Strategi price-skimming dalam bahasa indonesia yaitu penggelembungan harga, yang melibatkan kenaikan harga pada produk tertentu. Perusahaan kecil menggunakan strategi ini untuk memulihkan biaya produksi dan iklan.

Namun, dengan kenaikan harga ini produk harus memiliki sesuatu yang istimewa. Contohnya pengenalan produk baru.

4. Strategi Akuisi

Perusahaan kecil dengan modal yang ekstra dapat menggunakan strategi akuisi untuk mendapatkan keunggulan. Strategi ini melibatkan pembelian perusahaan lain. Contoh: toko kelontong kecil dipantai timur dapat membeli rantai belanja yang sebanding di midwest.

Berikut ini contoh strategi dengan anggaran yang rendah.

1. Strategi Pemasaran Konten
2. Strategi Pemasaran Media Sosial
3. Optimasi Mesin Pencari

Mungkin cukup sudah strategi membangun bisnis beserta contohnya yang bisa kamu terapkan.

Post a Comment for "Strategi Membangun Bisnis Paling Jitu dan Efektif Beserta Contoh"