15 Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Di Desa

Bisnis rumahan merupakan jenis kegiatan untuk menghasilkan keuntungan bagi pengelolanya yang memanfaatkan rumah sebagai tempat penjualannya. Pelaku bisnis rumahan ini adalah orang-orang yang tinggal di tempat itu.

Bisnis rumahan modal kecil di desa

Bagi masyarakat yang tinggal di desa, bisnis rumahan menjadi usaha alternatif untuk memperoleh penghasilan tambahan. Rata-rata usaha yang dilakukan di desa merupakan usaha yang berbasis agrikultur. Usaha agrikultur ialah suatu proses untuk memproduksi makanan, panganan dan serat dalam sektor pertanian yang dibutuhkan oleh manusia.

Jenis bisnis yang akan dijalankan di desa harus sesuai dengan kebutuhan, salah memilih jenis bisnis tentu tidak akan memberikan keuntungan bahkan bisa menyebabkan bisnis anda bangkrut.

Lingkungan desa tidak menghalangi anda untuk dapat membuka bisnis. Berikut 15 ide bisnis rumahan dengan modal kecil di desa.

1. Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung dapat dikatakan bisnis rumahan di desa yang mudah. Selain itu, ketersediaan lahan tentu sangat luas dibandingkan di kota.

Kebutuhan daging ayam setiap hari semakin meningkat. Terutama untuk rumah makan, Ibu rumah tangga, bahkan untuk di ekspor.

Dalam ternak ayam kampung ada tiga jenis model ternak yang bisa anda tirukan.

Pertama Model Umbar

Model umbar sangat cocok jika rumah Anda dengan rumah tetangga berjauhan atau daerah sepi penduduk. Dengan metode ini ayam Anda akan berkeliaran kemana saja dan tidak mengganggu tetangga. Metode umbar merupakan metode tradisional yang banyak dilakukan oleh orang di desa dengan membiarkan ayamnya berkeliaran bebas.

Kedua model semi intensif

Ternak ayam dengan metode semi intensif, Anda harus membuat kandang yang cukup luas. Ini bertujuan agar ayam tidak lepas kemana mana.

Contoh metode semi intensif yaitu dengan membuat pagar tinggi dari bambu pada halaman yang luas. Metode ini akan efektif jika memiliki lahan sendiri yang luas. Sehingga ayam akan leluasa untuk mencari pakan sendiri sembari diberi pakan tambahan.

Ketiga model intensif

Ternak ayam dengan metode intensif yaitu dengan membuat kandang sehingga ayam tidak akan lepas.

Dengan metode intensif membutuhkan modal, tetapi banyak keuntungan yang didapat. Seperti bisa mengontrol ayam dengan mudah, memberi makan dengan mudah, dan mudah dalam mengatur waktu panen.

Cara ternak ayam kampung yang bisa dilakukan di rumah. Gizi antara ayam kampung dan ayam pedaging lebih tinggi gizi ayam kampung.

2. Usaha Bidang Kuliner

Usaha bidang kuliner tidak akan pernah habisnya, setiap hari akan terus bertambah dan bertambah.

Jika Anda mempunyai kemampuan untuk memasak, Anda dapat membuka usaha kuliner di desa. Sebab bisnis rumahan di desa satu ini terbilang cukup menjanjikan jika berada di tempat strategis atau ditempat yang berkembang.

Semisal di pelabuhan, di komplek karyawan, di pinggir jalan dan sebagainya.

Beberapa pilihan sistem usaha kuliner sebagai berikut
  • buka warung didepan rumah
  • sistem antar
  • sistem katering
  • sistem pre order
Agar bisnis kuliner Anda berhasil, berikan pelayanan dan cita rasa masakan yang terbaik. Konsumen yang puas dengan segala pelayanan akan berkunjung kembali ke usaha kuliner Anda.

3. Warung Sembako

Di desa, setiap orang akan membutuhkan berbagai macam bahan pokok kebutuhan. Dengan membuka warung kelontong atau sembako, usaha Anda akan memuahkan hasil. Walaupun keuntungan tidak terlalu besar, jika dijalankan dengan manajemen, Anda bisa menghidupi keluarga. Tidak usah khawatir dengan biaya kebutuhan sehari-hari, sebab sudah terpenuhi di warung.

Agar usaha warung Anda berhasil, buatlah pelayanan yang baik. Setiap ada pembeli yang datang ke warung Anda, berikan sikap ramah dan murah senyum, mereka akan merasa senang dan akan kembali ke warung Anda untuk membeli.

4. Budidaya Tanaman Sayuran

Anda bisa memanfaatkan lahan disekitar rumah dengan budidaya sayuran. Seperti yang kita tau bahwa tanah di desa cenderung sangat subur dan cocok untuk di tanami sayuran.

Anda bisa mencoba usaha sayuran berumur pendek seperti kangkung dan bayam. Anda bisa menitipkan hasil panen di warung sayuran, pedagang sayuran keliling atau bisa juga Anda membawanya berkeliling desa untuk menawarkan kepada orang-orang.

5. Ternak Ayam Petelur

Setelah diatas ternak ayam kampung, anda bisa mencoba bisnis ternak ayam petelur. Kebutuhan telur semakin meningkat setiap tahunnya.

Dengan lahan pekarangan yang dimiliki, anda bisa membuat kandang untuk ayam petelur. Hasil panennya tidak hanya dijual di desa saja, namun Anda bisa menjualnya di luar desa bahkan luar kota.

Dalam budidaya ayam petelur, Anda bisa mempelajari teknik budidaya ayam petelur.

6. Menjual Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang merakyat dan banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Dengan harga gorengan yang murah, Anda bisa mencoba bisnis gorengan di desa. Apalagi jika Anda tinggal di pinggir sekolah, dan di pinggir jalan, tentunya bisnis gorengan akan menambah pemasukan Anda. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja, bisa juga oleh ibu rumah tangga.

7. Bisnis potong rambut

Bisnis potong rambut yang dikenal dengan bisnis barbershop termasuk jenis usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Usaha pangkas rambut selamanya menguntungkan dan laris pelanggaran, sebab semua orang akan menginginkan rambut yang rapih.

Bisnis potong rambut tidak akan pernah sepi pelanggan, selama manusia hidup dimuka bumi dan rambut terus tumbuh maka usaha pangkas rambut terus dibutuhkan.

Bagi anda yang ingin memulai cara usaha pangkas rambut yang laris bisa Anda coba.

8. Budidaya Ikan Tawar

Rumah di desa identik dengan lahan rumah yang luas. Dengan memanfaatkan lahan luas ini Anda bisa menjadikanya peluang usaha. Anda bisa membuka usaha budidaya Ikan di sekitar rumah.

Banyak jenis ikan yang bisa Anda budidayakan di desa seperti

  • ikan lauk pauk seperti ikan lele, gurami, mujaer, nila, patin, ikan gabus
  • ikan hias seperti ikan emas, ikan koki, ikan lohan
  • tambak udang atau kerambahdan lainnya.


Pilih jenis ikan yang sesuai dengan potensi market yang ada dengan cara survey. Dengan cara bertanya ke penampung,pasar maupun restoran, tanyakan pada mereka ikan apa yang dibutuhkan.

Anda dapat belajar cara budidaya ikan tawar melalui berbagai sumber informasi, agar bisnis ikan tawar yang Anda kerjakan berhasil.

9. Ternak Kroto

Keberadaan semut rang rang di alam liar sudah semakin sedikit. Sementara kebutuhan telur kroto semakin meningkat seiring banyaknya peminat burung. Seperti kita ketahui bahwa telur kroto digunakan untuk pakan burung, ikan hingga umpan pancing.

Karena semakin meningkat kebutuhan telur kroto, maka Anda bisa mencoba membudidaya semut rang rang di rumah. Dengan membuatkan kandang kroto dari rak atau toples.

Harga telur kroto sangat bervariasi tergantung lokasi Anda. Ada yang berharga Rp 130,000 ini tentu menjadi suatu bisnis rumahan di desa yang menguntungkan.

Untuk mendapatkan harga yang pasti silahkan Anda datangi toko pakan burung untuk menanyakan harga tampung telur kroto.

Menurut informasi, periode panen telur kroto yaitu 20 hari dengan bobot yaitu 1 sampai 2 ons per toples.

10. Budidaya Jamur Tiram

Bisnis rumahan di desa lainya yaitu budidaya jamur tiram. Usaha satu ini bisa memberikan omset lumayan jika Anda pintar membudidayakan jamur tiram.

Bahan yang diperlukan sangat gampang bahkan dapat dijumpai di setiap desa yaitu serbuk kayu, dedek atau kapur. Dengan bahan yang mudah, tentu modal yang dibutuhkan juga kecil.

Kita hanya perlu belajar cara budidaya jamur tiram yang baik dan benar agar hasil yang didapat juga melimpah. Anda bisa promosi melalui sosial media atau menjual langsung ke penampung.

11. Usaha perkebunan

Masyarakat di desa identik dengan lahan yang luas. Maka manfaatkan kelebihan itu untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman. Tentu tanaman yang memiliki minat tinggi di pasar.

Contoh tanaman yang bisa kita olah menjadi perkebunan

a. Kebun Cabai

Kebun cabai memiliki potensi yang besar. Anda dapat menjalankan bisnis di desa yang satu ini jika Anda hobi bercocok tanam.

Hargai cabai belakangan ini memang tidak bisa diprediksi kadang naik kadang juga turun. Untuk itu kita bertanya ke ahlinya kapan musim panen cabai yang terbaik.

b. Kebun merica

Harga lada berkisar Rp 60,000 sampai Rp 300,000 memang terbilang mahal. Ini dikarenakan proses budidaya yang rumit, akan tetapi bukan jadi alasan tidak bisa kita kelola. Syaratnya ada keinginan belajar dan niat yang tinggi.

Maka dari itu belajar dahulu bagaimana cara budidaya merica yang benar.

12. Usaha Ayam Potong

Bisnis ayam potong juga tumbuh dengan subur di desa. Dengan lingkungan yang cocok banyak peternakan ayam potong ber skala besar di desa.

Kemudahan dalam budidaya dan keuntungan yang didapat merupakan daya tarik dari usaha ternak ayam potong.

Seperti yang saya tau, bahwa peternak ayam potong menempatkan kandang ayamnya di lahan yang jauh dari kawasan penduduk. Jadi bau dari kotoran ayam tidak akan tercium sampai rumah tetangga.

13. Menjual Bibit Tanaman Buah

Anda bisa memanfaatkan lahan perkarangan yang luas sebagai tempat penjualan bibit tanaman buah. Karena memiliki lahan yang luas, masyarakat desa rata-rata mencari bibit tanaman buah untuk ditanam dilahan halaman rumah.

Anda bisa merawat bibit tanaman buah sampai terjual atau Anda juga bisa memasarkan keluar daerah untuk mendaatkan penghasilan yang lebih besar.

14. Membuka Konter Hp dan Pulsa

Saat ini semua orang mempunyai hp, baik kalangan muda ataupun tua semua memiliki hp. Agar hp dapat internetan tentu saja membutuhkan pulsa dan kuota.

Maka dari itu, bisnis konter hp menjadi ide bisnis rumahan yang cocok dilakukan di desa. Anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil , kemudian membuka skala besar jika bisnis anda sudah laris.

15. Membuat Toko Online ( Olshop )

Trend belanja online sekarang ini sudah populer apalagi dengan kehadiran toko online yang semakin canggih. Kemudahan toko online yaitu anda dapat memasarkan produk hingga seluruh dunia secara online.

Anda bisa membuka toko online di desa seperti menjual produk fashion, produk pertanian, dan lainya. Tergantung lokasi Anda apa yang dibutuhkan.

Kehadiran jasa pengiriman pun memudahkan orang-orang untuk belanja online. Jadi mulai sekarang cari cara membuat toko online agar Anda juga mempunyai toko online sendiri.

Tips sukses memulai usaha di desa

1. Cari apa saja bahan baku yang mudah didapat.
2. Lakukan riset pasar dengan bertanya ke penjual atau penampung.
3. Belajar dari orang yang sudah berhasil.
4. Perhatikan apa yang kurang di desa dan apa yang dibutuhkan di pasar, penampung, restoran.

Kesimpulan

Pilih salah satu bisnis rumahan modal kecil di desa yang bisa Anda jalani. Bisnis yang dipilih harus dibarengi dengan doa dan niat yang kuat. Serta memiliki kemauan belajar yang tinggi.

Semoga artikel tentang 15 ide bisnis rumahan modal kecil di desa yang menguntungkan, wajib dicoba bisa bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Post a Comment for "15 Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Di Desa"